Monday, March 5, 2012

Demokrasi Tertua Berawal di Vaishali, Bukan di Athena

( Foto ; Maria Rita I.H)
Mengenang MK. Gandhi, Shabarmati Ashram
Ahmedabad, Gujarat, India, Januari 2010

Kata demokrasi sudah dikenal di seantero dunia, meski dalam prakteknya sistem demokrasi serba berwarna di berbagai negara. Dan, kota Athena di Yunani dianggap sebagai tonggak awal sejarah demokrasi di dunia. Sekitar 506 Sebelum Masehi, ide demokrasi dan konstitusi diyakini diciptakan di Athena. Namun apa iya berawal di Athena?
Ternyata, jauh sebelum itu tepatnya abad ke-6 SM di India sudah ditemukan satu konsep demokrasi yakni pemilihan pemimpin di kota Vaishali, India yang juga merupakan kekuatan kreatif di balik pergerakan religius protestan seperti Jainisme dan agama Budha.
Sebagai metropolis kuno, ibu kota negara republik Vaishali dan ibu kota konfederasi Vijji, Vaisahli disebut secara menyolok dalam teks-teks Jain dan agama Budha yang ditemukan kemudian. Budha kemudian diketahui meminjam secara bebas model republik kota-kota di India timur khususnya struktur orde biara Budha dan sangha Budha (musyawarah) Vaishali telah dianggap sebagai bagian dari revolusi kota kedua oleh para sejarahawan India.
Adapun revolusi pertama terjadi pada milenium ke-3 SM di kota Mohenjodaro, Harappa di sepanjang tepi sungai Indus di India barat yang membentang sampai pemukiman perkotaan seperti Dholavira di negara bagian Gujarat.
Kemunculan perkotaan yang kedua di India timur memberi tanda lebih jelas mengenai revolusi jangka panjang dalam politik, agama, ekonomi, dan budaya India.
Nah, Vaishali bersama kota republik lainnya diantaranya Lichchhavi menentang kerajaan yang muncul saat itu seperti Magadha. Walaupun kota-kota republik ini diperintah oleh keluarga bangsawan oligarkhi, namun jelas tidak ada tempat bagi monarki turun temurun.
Bagaimana sistem pemerintahan republik Vaishali dan kota-kota republik lainnya?
Republik Vaishali memiliki satu musyawarah kota dengan 7.707 wakil rakyat kota yang terpilih. Mereka semuanya berasal dari keluarga bangsawan. Lembaga eksekutif setiap republik terdiri atas sebuah badan yang memiliki 8 seksi__masing-masing dengan warna dan seragam berbeda__mewakili masing-masing fungsi seksi seperti kebijakan luar negeri, dalam negeri, termasuk pengadilan dan pertahanan, dan seterusnya. s
Sejarawan India Radhakumud Mookherjee dalam risalahnya, tetap Raja digunakan untuk istilah warga republik.
Kemudian, Jagdish Prasad Sharma, penulis buku Vaishali The World's First Republic (Vaishali Republik Pertama di Dunia) menjelaskan, wakil rakyat saat itu merupakan pemerintah efektif dan apa pun keputusan yang mereka ambil sesuai dengan harapan gana (anggota musyawarah). Pemerintah diberi wewenang penuh oleh konstitusi untuk bertindak bebas dan mandiri, namun tetap bertanggung jawab terhadap musywarah.
Tak hanya dikenal sebagai tonggak sejarah kuno demokrasi, Vaishali juga terkenal karena Budha melintasi area ini untuk menyebarkan ajaran Jalan Tengah yang baru ditemukannya. Di Vaishali ia memberi kotbah untuk terakhir kalinya sebelum ia pegi ke Kushinagara tempat ia meninggal atau mencapai nirwana menurut kepercayaan penganut Budha.
Dalam catatan lain, Vaishali juga terkenal karena Amrapali, seorang gundik yang dihormati karena membuat kotanya makmur. Ia diperingati dalam adat agama Budha karena ia menjadi murid Budha dan mempersembahkan tanahnya kepada orde biara.
Kota kuno jarang dikenal karena gundiknya, tapi di India kuno tampaknya mereka tidak iri terhadap seorang wanita karena status selebritasnya.
(Sumber : India Perspectives, Juli-Agustus 2011)



1 comment:

Maria Rita Hasugian said...

Sayang, rakyat India belum mampu menjadi negara yang sungguh-sungguh demokratis.